Rabu, 02 Maret 2016

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN INTERNET BAGI GURU

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN INTERNET BAGI GURU

A.   Pengertian Intenet

Internet  adalah sebuah system global dari jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan Deretan Protocol Internet untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia. Internet adalah sebuah jaringan dari berbagai jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan milik pribadi, milik umum, dunia pendidikan, bisnis, dan pemerintahan, baik secara local maupun global, yang terhubung oleh sebuah rangkaian elektronik yang luas, tanpa kabel dan teknologi jaringan optik.
Satu hal yang harus diingat bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain dengan bantuan internet. Hal lain yang perlu diingat adalah sebagai sebuah sumber informasi yang serba ada maka yang terdapat dalam internet tidak hanya hal-hal yang bermanfaat tetapi banyak juga informasi yang kurang/tidak  bermanfaat atau dengan kata lain yang bersifat sampah.
Bagi sebagian siswa dan guru menggunakan internet mungkin bukan barang baru dan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Akan tetapi bagi sebagian siswa dan guru yang lain menggunakan media informasi dan komunikasi ini merupakan pengalaman yang baru dan jarang dilakukan.
B.   Keuntungan Internet Bagi Guru 
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Adanya Internet memungkinkan dunia pendidikan untuk mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan.
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan, yaitu diantaranya:
1. Menambah dan meningkatkan pengetahuan, karena materi pembelajaran selalu      akurat dan mutakhir (up to date), karena pembelajar dapat berinteraksi langsung     dengan berbagai sumber informasi, terutama jika ada materi pembelajaran yang belum atau kurang dipahami, sehingga keakuratan materi pembelajaran yang disampaikan dapat terjamin. pembelajaran dapat diakses setiap waktu lalu disimpan dalam komputer, sehingga materi pembelajaran itu mudah diperbarui sesuai dengan perkembangan informasi dan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus berkembang setiap saat. 
2. Sharing ilmu, cerita dan pengalam kepada rekan-rekan guru yang lain yang ada di                dalam negeri ataupun di luar.
3. Bekerjasama dengan guru-guru lain
     4.    Segala ide atau hasil karya bisa langsung di publikasikan dengan cepat
     5. Dengan memiliki situs atau blog bisa mengasah kemampuan menulis agar lebih        baik lagi
      6.    Membuat forum konsultasi dengan teman sejawat
      7.    Mendapatkan informasi dengan cepat
      8.    Bisa memilih dan mendapatkan bahan ajar
     9.    Menjalin tali silaturahmi dengan guru-guru lain melewati jejaring sosial, contoh face book, twitter, yahoo masenger ataupun email.
      10. //Mudah mendapatkan informasi-informasi penting seputar dunia pendidikan.

C.   Kerugian Internet bagi Guru.
1.    Kurangnya interaksi antara siswa dan guru, dan siswa antar siswa itu sendiri
2.    Proses pembelajaran cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan Guru meninggalkan metode / teknik pembelajaran konvensional
3.    Menggunakan internet mahal. Untuk dapat menggunakan internet orang harus mempunyai komputer yang dilengkapi dengan modem, tenaga listrik, fasilitas telepon,dan terhubung dengan internet provider yang dapat diperoleh melalui langganan. Harga komputer dan modemnya mahal tetapi membeli sekali dapat dipakai dalam waktu yang lama.Sedangkan biaya penggunaan saluran telepon, tenanga listrik, dan langganan provider internet harus dibayar setiap bulan. Biaya ini untuk banyak orang seringkali tidak terpenuhi.
4.  Komunikasi melalui internet sering kali lamban. Arus komunikasi melalui internet sering kali berjalan lamban. Lebih-lebih kalau informasi itu mengandung gambar, chart, bagan, gambar bergerak, suara dan sebagainya. Lambatnya arus informasi ini dapat menyebabkan proses belajar menjadi membosankan.
5.    Kekhawatiran guru ada penyalahgunaan internet oleh siswa sekolah. (internet hanya hiburan). 
6. Dampak negatif yang berkaitan dengan kesehatan adalah mata. Karena seringnya menggunakan internet, baik lewat ponsel, PC, maupun laptop maka mata dipaksa berakomodasi. Jika ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka mata mengalami penglihatan minus. 




Daftar Pustaka
Darmawan, Deni (2001). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya

Rusmana(2015). Mdel-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Wawan. (2009). Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Bandung: UPI Press.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar